KESEIAN

Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane

Written by Disbudpar Banten on March 28th, 2011. Posted in Bangunan Kuno

Dimana Letaknya?


Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane terletak diKelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci Kota Tangerang.

Bagaimana Detil Bangunannya?

Bangunan Dam Tangerang ini mulai dibangun pada tahun 1927 dan selesai pada tahun 1930 atau hanya 3 tahun. Bendungan air ini direncanakan untuk mengairi areal persawahan seluas 40.663 Ha yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Serang dan DKI Jakarta.

Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane dilengkapi 10 pintu gerak yang lebarnya masing – masing 10 meter persegi. Panjang tubung bendung 125 meter dengan konstruksi beton bertulang. Mesin penggerak pintu terdapat 5 buah yang setiap unitnya menggerakkan 2 buah pintu.

Share

Continue Reading | No Comments

Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria Tangerang

Written by Disbudpar Banten on March 28th, 2011. Posted in Bangunan Kuno

Dimana Letaknya?


Lapas Anak Pria Tangerang beralamat di jalan Daan Mogot 29C atau tepat bersebelahan dengan Masjid Al-A’zhom Kota Tangerang.

Bagaimana Detil Bangunannya?

Bangunan ini dibangun diatas tanah seluas 12.150 M2 pada tahun 1925 oleh pemerintah Hindia Belanda. Tujuan semula didirikannya Lapas ini adalah untuk mengasingkan keturunan Belanda yang berbuat nakal.

Pada tahun 1942 oleh pemerintah Jepang dijadikan sebagai pusat pendidikan pemuda yang dinamakan Seinendojo. Akademi Militer Tangerang yang secara taktis berada dibawah komado resimen 4 Tangerang dibentuk untuk mengatasi kekurangan kader yang tujuannya untuk membentuk perwira. Lembaga pendidikan yang berkampus dibekas penjara ini dipimpin oleh Daan Mogot dengan kedudukan sebagai direktur.

Share

Continue Reading | No Comments

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pemuda Tangerang

Written by Disbudpar Banten on March 28th, 2011. Posted in Bangunan Kuno

Dimana Letaknya?


Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pemuda Tangerang terletak dijalan LPK Pemuda Tangerang.

Bagaimana Detil Bangunannya?

Bangunan ini memiliki luas bangunan 28.610 M2. Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pemuda Tangerang dibangun pada tahun 1924 dan diselesaikan pada tahun 1927 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada awalnya bangunan ini ditetapkan sebagai tempat pemenjaraan bagi pemuda bangsa Belanda maupun pribumi dengan sebutan Jeugd Gevangelis, pada tahun 1942 – 1945 oleh pemerintah Jepang dijadikan sebagai tempat pelaksanaan pidana dengan sebutan Keismusho Shikubu.

Pada tahun 1946 – 1948 oleh pemerintah Belanda ( Palang Merah NICA ) digunakan sebagai tempat penampungan Pengungsi Cina pedalaman. Yang unik dari bangunan Lapas ini bentuk bangunan menyerupai model kipas yang terdiri dari 6 blok ( A – F ), jumlah kamar seluruhnya 428 kamar, masing – masing berukuran 2 x 3,1 M. Atap bangunan berbentuk limasan. Pada bagian atap bangunan utama terdapat bangunan yang menyembul dari tengah atap menyerupai menara.

Share

Continue Reading | No Comments

Stasiun Cilegon

Written by Disbudpar Banten on March 28th, 2011. Posted in Bangunan Kuno

Dimana Letaknya?


Bangunan ini terletak di Jl.  Kota cilegon jarak tempuh ke lokasi sekitar 15 km dari pusat ibu kota Propinsi Banten.

Bagaimana Detil Bangunannya?

Bangunan Stasiun Cilegon mulai dibuka pada tanggal 13 Maret 1887, dengan petak jalan Serang-Anyer Kidul sepanjang 27 Km.

Stasiun ini termasuk kedalam stasiun kelas III C. Bangunan ini terdiri dari dua buah ruangan; ruangan pertama adalah ruangan kontrol perjalanan kereta api dan ruag kepala stasiun, sedangkan ruang kedua merupakan loket dan administrasi.

Diantara keduanya terdapat ruang tunggu penumpang. Yang unik dari bangunan ini masih menyidakan bentuk aslinya seperti daun jendela yang berukuran besar, engsel pintu, kayu pintu dan papan eternit.

Komponen bangunan seperti daun pintu dan jendela bertipe jalosie atau dibuat dari kayu yang bersusun horisontal dan berdaun pintu rangkap. Letak pintu pada bangunan ini agak kebawah. Denah bangunan ini berbentuk bujur sangkar dengan pondasi yang ditinggikan, langit-langit bangunan atau eternit terletak cukup tinggi, terdiri atas papan-papan yang disusun rapat.

Atap bangunan ditutup oleh seng, bagian dinding kebanyakan dilengkapi dengan ragam hias kumpulan pelipit pata yang banyak terdapat, terutama dibagian atas jendela, dibawah lisplang dan atap dinding depan bagian bawah.

Share

Continue Reading | No Comments

<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: